Kalender

Kategori

Pesan Anda


ShoutMix chat widget

Browser Favorit

Blog Archive

SMS gateway dengan GAMMU

Diposting oleh Anang Efendi On 09.54


Ini saya tunjukkan cara cepat untuk membuat sms gateway dengan gammu untuk Operating System windows. Saya memakai versi gammu jaman bahula yaitu bukan versi .exe tapi berupa file-file. Karena saat saya kerja praktek di Koperasi Telkomsel yaitu Kisel Telkomsel jawa timur. Saya sama temen saya di suruh buat sms gateway dan web menggunakan PHP yang akan digunakan untuk cek client ke server tentang validasi no hp pelanggan. Dan alhamdulillah dalam waktu 1 bulan akhirnya kami berhasil.

Oklah dari pada banyak ngemeng lebih baik to the point. ini step2nya q ambilkan dari blog aswandi, cz males tulis, tapi udh q edit sesuai pengalaman saya :


1. Colokin modem gsm / HP kesalah satu port USB (jika ada paralel port silahakan dipasang di usb atau lewat paralel port cz sama saja), jangan lupa pasang SIM Card dan ditutup dg rapat. Install drivernya dari CD.

2. Cek modem ini masuk ke Port COM berapa dan type koneksinya apa, caranya klik kanan my Computer, klik Hardware, klik Device Wizard. Klik 2 kali Hardware Modem HP, dari situ ntar keliatan di port com berapa, (kasus saya masuk di port: COM10)

3. Ekstrak file gammu_win32.zip ke salah satu folder, misalnya di C:gammu_win32, dalam folder gammu_win32 ada file gammurc, itu adalah file konfigurasi gammu utk konek dengan modem, ubah tulisan di bawah tulisan [gammu] pada baris port dan connection aja, dan untuk tulisan [gammu1] semua baris di bawahnya di tutup aj dengan menggunakan tanda pagar (#), berikut contohnya :

———-start setting file gammurc ————–

port = com1:
#model = 6110
connection = at115200
#synchronizetime = yes
#logfile = gammulog
#logformat = textall
#use_locking = yes
#gammuloc = locfile
#startinfo = yes
#gammucoding = utf8
#rsslevel = teststable
#usephonedb = yes

[gammu1]
#port = com7:
#model = 6110
#connection = fbusblue
#synchronizetime = yes
#logfile = gammulog
#logformat = textall
#use_locking = yes
#gammuloc = locfile
#startinfo = yes
#gammucoding = utf8

———-end setting file gammurc ————–

4. Skrg coba masuk ke DOS Prompt, masuk ke folder gammu_win32 folder dimana terdapat file gammu.exe

5. coba ketik: gammu –identify, bila gammu telah dapat mengenali modem HP/hardware mu, maka akan muncul detail hardware mu.

6. langkah berikutnya adalah membuat database untuk tempat peyimpanan database sms masuk dan keluar, buka browser anda dan bukalah URL http://localhost/phpmyadmin. Bila tidak bisa kebuka berarti apache dan mysql anda belum jalan, untuk pemula saya sarankan pake Xampp di windows XP, karena aplikasi ini otomatis menjalankan apache dan mysql saat booting windows.

7. Buat database dengan nama smsd (nama terserah anda), import file SQL di C:/gammu_win32 dg nama file mysql.sql

8. Edit file smsdrc di C:/gammu_win32, yang perlu diubah hanya baris ini aja (sesuaikan dengan settingan database server anda)

# ——– start setting for–smsd MYSQL ——–

user = root

password =

pc = localhost

database = smsd

# ——– end setting for–smsd MYSQL ——–

9. sekarang jalankan SMS Daemon (server SMS) dengan cara masuk ke dos prompt, C:gammu_win32>gammu –-smsd MYSQL smsdrc

(tanda minus-nya 2 kali), bila sukses maka SMS server telah berjalan.

Setelah itu sms2 yang masuk ke hp langsung masuk ke database.

WARNING : sms2 di inbox akan terhapus, jadi backup dahulu sms2 yg penting

Jadi, proses gammu / smsgateway akn ttp jalan selama daemonnya masih jalan, setiap ada sms yang masuk ke inbox kita, sms itu langsung ‘ditarik’ dan dimasukkan ke database tabel inbox.

Dan kalau mau kirim sms, cukup dengan memasukkan entry ke tabel outbox maka entry tersebut akan ‘diteruskan’ ke hp dan dikirim lah sms. setelah terkirim entry di tabel outbox akan di pindah ke tabel sent-item.

Next, kalau pengen bikin sistem yang auto reply sms, cukup bikin code yang mendeteksi setiap ada inbox yang masuk, terus di baca format textnya, kalau cocok dengan pattern tertentu dan udah di generate reply yang dimaksud, insert data ke tabel outbox. (keyword: crontab, trigger)

Troubleshooting / masalah yang sering terjadi saat setting koneksi sms gateway dengan gammu di windows atau wammu di linux. Klik disini troubleshooting


Category : | Read More...... edit post

0 Response to "SMS gateway dengan GAMMU"

Posting Komentar

My Profile


"Everything is Possible with Programming"

Chatt yukk

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini