Kalender

Kategori

Pesan Anda


ShoutMix chat widget

Browser Favorit

Blog Archive

Java ME (J2ME), PC Webcam

Diposting oleh Anang Efendi On 11.37


Membuat aplikasi yang terkait dengan manipulasi kamera handphone dengan Java ME (mobile edition), pada dasarnya tidaklah terlalu susah; karena anda dapat menemukan contohnya dengan sangat mudah dengan memanfaatkan fasilitas search engine. akan tetapi, menguji program tersebut pada emulator tidaklah sama; karena emulator, tidak dilengkapi kamera (ya iyalah :) ).

Membuat aplikasi, terus deploy ke kamera dan uji (terus berulang), mungkin adalah salah satu cara paling gampang. akan tetapi ini tidak efisien, dalam prosesnya. Maka cara yang paling gampang adalah memanfaatkan usb webcam sebagai “kamera handphone”. Permasalahannya, emulator juga tidak punya fasilitas untuk mendeteksi webcam PC. terus bagaimana dong?


Solusi yang saya buat cukup strightforward, yaitu dengan menjadikan usb webcam camera layaknya IP Camera. oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah server camera, dalam hal ini pilihan paling gampang adalah dengan memanfaatkan WebcamXP . dengan webcamxp, hasil capture dari usb webcam dapat di broadcast pada local server computer (localhost) pada port 8080, pada versi free-nya, dan sepertinya bisa kita bind pada alamat IP tertentu untuk versi komersial. (saya pakai yang free).

idenya sederhana, hasil broadcast dari webcam server tersebut (berupa frame gambar dalam format jpeg) kita tangkap, dan kita tampilkan di emulator handphone. agar emulator dapat mensimulasikan tampilan webcam secara kontinyu dan realtime, maka setiap saat kita harus mengupdate gambar tersebut.

mari kita lihat kode program ini:
0. pastikan anda telah menginstal WebcamXp, dan webcam dapat berjalan dengan baik, dan dapat hasil capturnya dapat di broadcast di http://localhost:8080/


class Process implements Runnable{
private HelloMIDlet MIDlet;

public Process(HelloMIDlet MIDlet){
this.MIDlet = MIDlet;
System.out.println("Thread Process...");
}

public void run(){
try{
while(true)
transmit();
}catch(Exception error){
System.err.println(error.toString());
}
}

public void start(){
Thread thread = new Thread(this);
try{
thread.start();
System.out.println("Thread Start...");
}catch(Exception error){}
}

private void transmit() throws IOException{
Form frmPngView = this.MIDlet.getFrmPngView();
try
{

Image im;
if ((im = getImage("http://localhost:8080/cam_1.jpg")) != null)
{
ImageItem ii = new ImageItem(null, im, ImageItem.LAYOUT_DEFAULT, null);

// If there is already an image, set (replace) it
if (frmPngView.size() != 0)
frmPngView.set(0, ii);
else // Append the image to the empty form
frmPngView.append(ii);
}
else
frmPngView.append("Unsuccessful download.");

// Display the form with the image
Display display = this.MIDlet.getDisplay();
display.setCurrent(frmPngView);
}
catch (Exception e)
{
System.err.println("Msg: " + e.toString());
}
}
private Image getImage(String url) throws IOException
{
ContentConnection connection = (ContentConnection) Connector.open(url);

// * There is a bug in MIDP 1.0.3 in which read() sometimes returns
// an invalid length. To work around this, I have changed the
// stream to DataInputStream and called readFully() instead of read()
// InputStream iStrm = connection.openInputStream();
DataInputStream iStrm = connection.openDataInputStream();

ByteArrayOutputStream bStrm = null;
Image im = null;

try
{
// ContentConnection includes a length method
byte imageData[];
int length = (int) connection.getLength();
if (length != -1)
{
imageData = new byte[length];

// Read the png into an array
// iStrm.read(imageData);
iStrm.readFully(imageData);
}
else // Length not available...
{
bStrm = new ByteArrayOutputStream();

int ch;
while ((ch = iStrm.read()) != -1)
bStrm.write(ch);

imageData = bStrm.toByteArray();
bStrm.close();
}

// Create the image from the byte array
im = Image.createImage(imageData, 0, imageData.length);
}
finally
{
// Clean up
if (iStrm != null)
iStrm.close();
if (connection != null)
connection.close();
if (bStrm != null)
bStrm.close();
}
return (im == null ? null : im);
}

}


untuk menangkap data dari server harus dipisahkan dalam thread tersendiri untuk menghindari deadlock pada emulator. pada dasarnya dengan cara yang sama kita bisa membuat sebuah survailance camera, dan memanfaatkan handphone kita sebagai pemantaunya :)

2. Buat midlet untuk menampilkan gambar tersebut (PR bagi anda, simple saja, isinya buat thread & sebuah form untuk menampilkan gambar)

3. hasilnya kurang lebih seperti ini:

webcamp


Emulator

nah, gampang kan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan aplikasi semacam ini, dan salah satunya sedang saya kerjakan.

selamat berkarya :)

Category : | Read More...... edit post

0 Response to "Java ME (J2ME), PC Webcam"

Posting Komentar

My Profile


"Everything is Possible with Programming"

Chatt yukk

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini